Friday, April 13, 2018

Wasit Asing Akan Pimpin Final IBL


Wasit Asing Akan Pimpin Final IBL

ACBOLACOM
- Pertandingan final Indonesian Basketball League (IBL) akan dipimpin oleh wasit asing. Pemakaian wasit asing ini bertujuan meningkatkan kualitas.

Final IBL bergulir dengan format best of three. Laga pertama bergulir di kandang Satria Muda, Arena Britama, pada 19 April. Sementara laga kedua akan berlangsung di homebase Pelita Jaya, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, pada 21 April. Partai ketiga, jika diperlukan, akan digelar pada 22 April.

Direktur IBL, Hasan Gozali, memprediksi laga akan berlangsung ketat dan sengit. Untuk menghindari kejadian tak diinginkan, liga memutuskan menggunakan wasit asing.

"Kami sudah berkirim surat meminta kepada FIBA untuk mengirimkan wasit untuk babak final IBL. Siapa wasit yang ditunjuk kami serahkan pada mereka," kata Hasan

"Kami tak ingin kemenangan sebuah tim menjadi kontroversi, apakah itu masalah gedung, panpel maupun soal wasit," tambahnya.

Dijelaskan Hasan, untuk wasit asing di final kompetisi basket sebenarnya sudah direncanakan sejak awal musim lalu. Tapi kontroversi kepemimpinan wasit dalam babak semifinal antara Stapac Jakarta dan Pelita Jaya beberapa hari lalu semakin menguatkan rencana tersebut.

Hasan belum bisa menyebutkan siapa dan dari negara mana wasit asing yang akan memimpin partai final nanti. Namun, dia berharap dengan menggandeng wasit asing maka pertandingan akan berlangsung lebih menarik.

0 comments:

Post a Comment