Monday, April 16, 2018

Kericuhan Suporter Wujud Kekecewaan pada Penampilan Buruk Arema FC

Kericuhan Suporter Wujud Kekecewaan pada Penampilan Buruk Arema FC

ACBOLACOM
- Laga Arema FC menjamu Persib Bandung berakhir rusuh. Kericuhan itu disebut sebagai puncak penampilan buruk Singo Edan di Liga 1 2018.

Suporter Arema terlibat bentrok dengan pengamanan internal pertandingan (match steward) hingga berujung tembakan gas air mata aparat kepolisian dalam mengendalikan situasi.

Menurut suporter, ada beberapa pemicu hingga menimbulkan kericuhan saat injury time. Pertama, dari laga terpaksa dihentikan dengan kedudukan imbang 2-2, membawa kekecewaan berat suporter di tribun penonton.

Mereka kecewa atas perfoma buruk Dendi Santoso cs saat menjamu rivalnya Maung Bandung. Suporter menuntut adanya evaluasi total pada skuad bentukkan Joko Susilo itu.

"Semua bisa tahu dan menganalisa permainan Arema selama Liga 1 seperti apa?. Sangat perlu adanya evaluasi total, suporter jangan dijadikan kambing hitam. Dan kami prihatin dengan kejadian kemarin," ungkap Sukarno dedengkot suporter klub Arema FC pada wartawan, Senin (16/4/2018).

Pria akrab disapa Cak No ini membeberkan, pemicu kedua yaitu kepemimpinan wasit Handri Kristanto dipandang tidak fair.

Pada laga big match seperti kemarin, lanjut dia, seharusnya dipimpin wasit profesional hingga tak menciptakan klub lain merugi atas keputusannya.

"Pertandingan dengan tensi tinggi, semestinya dipimpin wasit yang tegas. Keputusan wasit sangat mempengaruhi suporter," katanya.

Penabuh drum suporter diatas tribun dalam setiap laga Arema FC ini menambahkan, pemicu lain adalah sikap match steward (pengaman internal pertandingan) yang justru menyasar para suporter.

Mereka menangkap paksa suporter yang berada di pinggir lapangan. Tindakan berlebihan ini menyulut emosi suporter lain yang berada diatas tribun.

"Sikap macth steward yang berlebihan, memancing emosi suporter lain. Hingga terjadi bentrok dan tembakan gas air menimbulkan banyak korban," terangnya.

Suporter turut mengecam tindakan aparat keamanan yang menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton. Kepanikan serta dampak gas air mata, membawa cukup banyak korban.

"Gas air mata ditembakkan ke arah tribun, semua panik. Itu jelas salah prosedur, gas air mata di tembakan ke tribun itu salah. Akhirnya ratusan suporter menjadi korban dan bergelimpangan," keluhnya.

Manajemen dan Panpel Arema FC membuka posko di Kandang Singa atau kantor Arema FC di Jalan Mayjen Panjaitan, atas insiden yang terjadi pada laga kemarin malam. Sampai sore ini, baru tiga orang yang melaporkan telah menjadi korban kerusuhan.

Data kepolisian mencatat ada sebanyak 77 orang menjadi korban kerusuhan, semuanya mayoritas perempuan. Mereka sempat mendapatkan perawatan medis, namun hari ini sudah diperbolehkan pulang.

Berbeda dengan PMI Kabupaten Malang yang mencatat jumlah korban mencapai 212 orang. Mereka disebar untuk mendapatkan penanganan medis. Belum ada laporan adanya korban jiwa, namun sejumlah suporter masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Ada beberapa orang masih menjalani perawatan medis. 5 orang di RS Wava Husada dan dua orang di RSUD Kanjuruhan, salah satunya dirujuk ke RSSA Malang," ungkap Media Officer Arema FC Sudarmadji terpisah.

Dia mengaku, bersama panpel serta petinggi Arema FC mendatangi para korban hingga saat ini menjalani perawatan di rumah sakit.

"Ini kami bersama panpel menjenguk langsung para korban di rumah sakit, kami bertanggung jawab dan memohon maaf atas semua yang terjadi. Kalau data semua korban masih kita lakukan pendataan secara rinci," dia mengungkapkan.

3 comments:

  1. am kenal.. aq mau nanya.. abang ada main poker atau qq online ga ya? aq mau ajak abang main di situs tempat aq kerja lo.. www.maniakqq.info. Ada promo bonus new member 20% + Next depo. Bonus Mingguan + Bulanan. Pokoknya Mantap dan di jamin 100% Tanpa Robot. Ada hadiah Jackpot Rp. 60 Juta / Hari (chat ya untuk tau caranya).

    ReplyDelete
  2. Situs Poker & Dominoqq Terpercaya www.mediaqq.info - Bonus Rollingan 0.3% + Cach Back Bulanan (Unlimited). Garansi fair Tanpa Robot.. Puas..

    ReplyDelete
  3. 3MPOKER Menyediakan Bonus 5.000 setiap hari dengan minimal deposit 50.000 ( seumur hidup )

    FREE LUCKY SPIN SETIAP MINGGUNYA !!!

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. 3MPOKER.TOP
    Facebook : 3MPoker Agen Terpercaya
    WA : +85569769389
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    ReplyDelete