Wednesday, February 28, 2018

Lima Hal Menarik Tentang Espanyol

ACBOLACOM- Espanyol

SEJARAH BERDIRI
Pada 28 Oktober 1900, sekelompok mahasiswa universitas membentuk Sociedad Española de Football untuk menampung minat mereka terhadap olahraga impor baru yang datang dari Inggris, yaitu sepakbola. Nama "Espanyol" sengaja dicantumkan guna membedakan identitas mereka dari klub lain di Barcelona yang diperkuat warga negara asing. Terjadi sejumlah perubahan nama hingga akhirnya pada 1912 klub resmi menggunakan nama Reial Club Deportivo Espanyol. Gelar "Reial" diberikan langsung oleh Raja Alfonso XIII dan menjadikan Espanyol satu di antara sedikit klub Spanyol yang memperoleh kehormatan itu.
Pada awal berdirinya, Espanyol menggunakan warna kuning sebagai warna utama jersey. Alasannya, warna ini merupakan warna kain pemberian salah satu pemegang tiket terusan pertama klub. Mulai 1909, jersey menggunakan warna biru dan putih sesuai dengan perisai yang digunakan Roger de Llúria, seorang laksamana yang memimpin armada pelindung Kerajaan Aragon pada abad ke-13.
Pada 1928, Espanyol merupakan salah satu klub perintis berdirinya La Liga. Setahun kemudian, mereka memenangkan gelar juara Copa Del Rey untuk kali pertama dalam sejarah. Empat titel Copa Del Rey merupakan pencapaian terbaik Espanyol. Namun, mereka juga menjadi klub perintis La Liga yang belum pernah merasakan gelar juara liga.

TIGA STADION
Sejak 2009, Espanyol menghuni Estadi Cornella-el-Prat atau yang juga disebut Stadion RCDE. Pertandingan inaugurasi stadion ditandai dengan kemenangan Espanyol 3-0 atas Liverpool. Namun, dapatkah Anda bahwa menyebutkan stadion yang menjadi markas Espanyol sebelum ini?
Pada kurun waktu 1923 hingga 1997, Espanyol memakai Estadi de Sarria sebagai kandang. Kemudian mereka pindah menggunakan Estadi Olimpic Lluis Companys yang berlokasi di kawasan Montjuic. Stadion ini pernah menggelar final Olimpiade 1992. Dengan demikian, Stadion RCDE merupakan stadion ketiga yang pernah menjadi markas bagi klub berjuluk Periquitos ini.


LEGENDA

Raul Tamudo adalah pemain yang mencatat penampilan terbanyak dalam sejarah Espanyol dengan jumlah 387 pertandingan sejak memulai debut pada 1997. Striker kelahiran 19 Oktober 1977 ini juga menjadi pencetak gol terbanyak Espanyol di La Liga dengan koleksi 129 gol. Tamudo merupakan salah satu jebolan akademi klub.
Legenda lain adalah Ricardo Zamora. Nama ini pasti sudah tidak asing di kalangan fans sepakbola karena namanya disematkan menjadi nama penghargaan kiper terbaik La Liga. Siapa sangka jika Zamora pernah menjadi bagian skuat Espanyol pada dua periode terpisah, yaitu pada 1916-1919 dan 1922-1930. Selain Espanyol, Zamora juga pernah memperkuat Real Madrid dan Barcelona.
Satu nama lain yang tidak dapat dikesampingkan adalah Dani Jarque. Pemain yang meninggal dunia pada usia 26 tahun ini merupakan alumnus akademi Espanyol sebelum akhirnya ditunjuk menjadi kapten tim senior satu bulan sebelum tutup usia. Jarque meninggal saat pemusatan latihan tim di Italia. Namanya diabadikan menjadi kompleks latihan dan stadion tim Espanyol B. Dia menjadi pemain Espanyol yang paling banyak tampil di kompetisi antarklub Eropa, dengan jumlah 22 pertandingan.
Nama-nama tenar yang pernah memperkuat Espanyol adalah antara lain Mauricio Pochettino, Walter Pandiani, Ivan de la Pena, Philippe Coutinho, Carlos Kameni, Jose Callejon, Pablo Zabaleta, dan Daniel Osvaldo.


RIVALITAS
Rivalitas Espanyol dengan klub sekota Barcelona dikenal dengan nama El Derbi Barceloni. Untuk menggambarkan sengitnya rivalitas dua tim sekota ini bisa dilihat dari insiden yang terjadi baru-baru ini. Fans saling mengejek ketika kedua tim berhadapan di Copa Del Rey, Januari lalu. Suasana kian panas akibat komentar Gerard Pique sehingga akhirnya RFEF melakukan pengusutan.
Di masa lalu, persaingan Espanyol dan Barcelona dilandaskan perbedaan pandangan politik. Secara statistik, Barcelona lebih unggul dengan memenangi total 121 pertandingan dan Espanyol hanya mampu menang 44 kali. Espanyol bahkan tidak pernah mampu mengalahkan Barcelona di La Liga sejak musim 2006/07.
Transfer langsung pemain antarklub Catalan ini bahkan lebih jarang terjadi dibandingkan perpindahan pemain Barcelona ke Real Madrid atau sebaliknya. Ada 26 pemain yang pernah berseragam Espanyol dan Barcelona. Beberapa di antaranya menghuni skuat kedua klub musim ini, yaitu Ernesto Valverde, Philippe Coutinho, Aleix Vidal, Victor Sanchez, dan Sergio Garcia.
AC

for ACBOLA News Update
- Berita bola
- Jadwal pertandingan
- Prediksi
- Dan berita olahraga lainnya
- Promo dan Bonus terbaru
silahkan klik blogspot kami di acbola8.blogspot.com
Facebook admin : -Felicia Felicia (feliciawinata0211@gmail.com)
Google+        : -Carla Clara Liana

contact person : felicia
WA : +6282210183304
BBM : DD48154F
LINE: acbolacom


0 comments:

Post a Comment